Padukan Inovasi Dalam Tantangan Bisnis, Unida Bogor Selenggarakan Webinar Kewirausahaan Seri 5

Saat ini banyak perusahaan “start up” yang baru berdiri dengan berbagai rencana inovasi produk atau jasa yang ditujukan untuk memajukan perkembangan Indonesia. Dengan menjamurnya tren start up tersebut, maka ada baiknya para pelaku usaha harus mulai mengetahui tentang aturan Hak Kekayaan Intelektual di Indonesia. Di dalam era digital orang dapat belajar menggunakan berbagai cara dan berbagai sumber, dan ini merupakan tantangan bagi guru untuk menemukan pendekatan yang mana yang akan dipakai dalam membantu peserta didiknya untuk belajar secara efektif. Guru di period digital perlu memahami bagaimana cara peserta didiknya belajar dan mencarikan yang terbaik di antara berbagai pilihan tersebut.

Memikirkan sautu inovasi baru dalam dunia bisnis

Sehingga pesaing atau kompotiter semakin meningkat, dengan kata lain persaingan bisnis atau usaha menjadi kompetitif alami. Pertumbuhan ekonomi adalah salah satu manfaat ekonomi kreatif karena dapat dikatakan pertumbuhan ekonomi selalu dipengaruhi oleh pertumbuhan bisnis dari berbagai sektor. Pembuatan iklan sebenarnya tidak semudah yang kita bayangkan, tentunya di dunia periklanan pun dibutuhkan ide-ide kreatif bahkan samapi dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Hingga sekarang ini dapat dikatakan negara ini sedang mengalami kekacauan sistem ekonomi. [newline]Namun pemerintah pastinya banyak belajar dan memperbaikinya dengan menerapkan kebijakan moneter dengan menyediakan berbagai instrument kebijakan moneter dengan tujuan menjaga stabilitas ekonomi. Kitabisa ini merupakan wadah dan teknologi online bagi individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan yang ingin menggalang dana dengan membuat halaman donasi on-line untuk beragam tujuan sosial, personal, kreatif dan lain-lain. Memang tidak semua startup berhasil mengembangkan dirinya menjadi suatu bisnis yang sukses.

Dapatkah mereka melihat dirinya sebagai bagian dari kepentingan bersama, selaku anggota masyarakat dan warga negara? Pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama menyelesaikan persoalan ini sebagai kepentingan yang tak bisa ditawar untuk dapat mempertahankan keutuhan dan kesatuan bangsa dan negara. Yang diperlukan adalah intervensi terencana yang menekankan analisis kebutuhan individu dan masyarakat, pengembangan iklim belajar partisipatif, penciptaan dukungan kelompok serta pemanfaatan seluruh sumber sebagai sarana belajar. Dalam rekayasa terencana perlu dilihat, mana nilai-nilai tradisional yang masih bisa dipertahankan dan dikembangkan, mana pula yang harus ditinggalkan karena sudah tidak sesuai, bahkan bisa menghambat. Mempelajari hakiki manusia sebagai mahluk sosial, jelas bahwa ia membutuhkan kehadiran manusia lainnya, kebutuhan untuk berkelompok dan menjadi bagian dari kelompok. Membanjirnya peluang, kesempatan dan pilhan untuk aktualisasi diri sering membuat manusia hanyut sehingga melupakan hakiki yang sangat mendasar.

Di samping itu, mereka juga bersikap objektif, kritis, dan mau menerima kritik. Orang kreatif juga cenderung dapat memisahkan pekerjaannya dengan bidang lain yang dapat ia eksplorasi. Kemenpora RI mendapat penghargaan dari Kemenkeu RI atas perolehan WTP tahun 2019 Surabaya sebagai salah satu kota penyelenggara benahi Stadion Gelora Bung Tomo.

Kebutuhan untuk “menjadi seseorang” dan “menjadi bagian” yang jelas kedudukannya bisa menjadi landasan untuk menumbuhkan motivasi pengembangan diri dan kemampuan beradaptasi. Kebutuhan ini erat kaitannya dengan pembentukan rasa percaya diri dan menumbuhkan motivasi untuk berusaha dan meraih kesempatan agar dapat senantiasa meningkatkan diri. Sikap yang mandiri, tak gentar menghadapi rintangan, mampu berpikir kreatif dan bertindak inovatif tapi juga peduli lingkungan adalah sosok yang diperlukan untuk menjalani kehidupan dalam period globalisasi. Jelas bahwa pengembangan sikap dan perilaku tersebut merupakan tuntutan yang lebih berat daripada hasil pendidikan yang menjadi tanggung jawab generasi sebelumnya. Kemampuan mengantisipasi masa depan dengan berbagai alternatif untuk mengatasi permasalahannya menjadi sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pengasuhan dan pendidikan anak. Situasi ini tidak hanya merupakan masalah keluarga, melainkan juga seluruh pendukung proses pendidikan anak, yaitu masyarakat, bangsa dan negara.

Beliau bahkan memberikan contoh suatu negara yang memiliki pengemasan yang menarik yaitu Jepang. Kesadaran tersebut lalu mendorong keinginan untuk membenahi perilaku Manusia Indonesia dari sikap yang cenderung KKKN menjadi perilaku yang Bersih, Transparan, Profesional. Keinginan untuk memunculkan Manusia Indonesia yang bersih, transparan, dan profesional dalam menjalani kehidupannya sangat diperlukan, apapun yang dilakukannya, di manapun posisinya.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal yang paling mendasar yang perlu Anda lakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan. Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita disarankan untuk berpikir di luar kotak . Jadi Anda harus memikirkan sebuah ide baru yang belum terpikirkan oleh orang lain.