Bea Cukai Kunjungi Pelaku Usaha Untuk Menggali Potensi Ekspor Di Daerah

Dia memberi contoh komoditas furnitur, yang lima tahun lalu Asosiasi Pengusaha Furnitur menargetkan ekspor tahun 2019 mencapai US$ 5 miliar. Namun karena upaya peningkatan ekspor tidak didukung oleh regulasi yang pro dunia usaha, goal ekspor itu tidak dapat tercapai. Selain itu, papar mereka berdua, Pemerintah juga sedapat mungkin akan mengurangi hambatan investasi. Langkah ini diyakini bisa merangsang masuknya investasi di bidang furnitur dari Cina.

Untuk itu, Ketut menyebutkan Kementan memfasilitasi pelaku usaha peternakan pada 2 Paviliun yakni Pavilliun Livestock Export dan Pavilliun UMKM/UPH pada pameran Indolivestock tahun ini. Ajang ini dapat menjadi wadah komunikasi pelaku usaha besar maupun UMKM/UPH peternakan yang mungkin kedepan dapat menjalin kerjasama dalam mengembangkan usaha mereka. “Pavilliun UMKM/UPH Peternakan ini diharapkan dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas dan memperluas jangkauan serta jaringan pemasaran sehingga siap bersaing di dunia internasional,” kata Ketut.

Bisnis ekspor barang secara umum dapat diartikan sebagai kegiatan usaha yang memfokuskan diri pada proses pengiriman barang-barang dari dalam negeri ke luar negeri. Proses pengiriman barang ini memang terbilang tidak mudah karena pada prosesnya, akan ada urusan administrasi dan teknis yang harus diselesaikan dan terbilang tidak sederhana. Karena sangat digemari oleh masyarakat luar negeri dan mudah dalam pembuatannya.

Usaha Ekspor

Untuk menggunakan jasa forwarder, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp6 juta, tetapi nilai tersebut bisa dimasukkan dalam biaya pengiriman yang ditanggung oleh pembeli. Saat ini, Fahmi sendiri telah mengekspor rata-rata sekitar empat container pinang per bulan ke sejumlah Negara seperti Thailand, Myanmar, Pakistan, Bangladesh, hingga Saudi Arabia. Hal ini dibuktikan oleh Lianto Fahmi Nasution yang telah menjajal pasar ekspor sejak duduk di bangku kuliah.

Pemerintah Indonesia menyediakan begitu banyak fasilitasi untuk mempermudah Pelaku Usaha baik perusahaan berbadan hukum maupun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk melakukan kegiatan ekspor barang. Fasilitasi ekspor tersebut selain untuk meningkatkan pendapatan negara juga untuk meningkatkan pangsa pasar pelaku usaha di Indonesia. Apabila anda sudah mengambil keputusan tentang produk dan negara tujuan dalam bisnis ekspor, selanjutnya adnda harus mempersiapkan segala sesuatu seperti perlengkapan produk dan biaya untuk melakukan ekspor. Agar produk anda mudah dikenali orang, maka buatlah brosur dan katalog produk.

Tahun ini, pemerintah menganggarkan sampai Rp7,6 triliun untuk program digitalisasi UKM. Besarnya setara tujuh kali bujet yang disiapkan untuk perbaikan gizi ibu hamil dan anak-anak kurang gizi. Selain BBIB Singosari dan BIB Lembang, Pusat Veteriner Farma juga memperkenalkan produk vaksin dan bahan diagnosa kepada stakeholder Peternakan. Oleh karena itu, untuk menghindari segala denda dan sanksi yang tak diinginkan, ada baiknya mulai menggunakan jasa konsultan pajak seperti Rusdiono Consulting.

Dengan demikian ia bisa mengambil keputusan bisnis yang tepat dari kapan saja dan di mana saja. Inilah pentingnya bisnis ekspor impor memiliki software program akuntansi yang memiliki fitur penyimpanan cloud server. Mengekspor barang ke luar negeri bisa menjadi salah satu cara untuk mengembangkan usaha Anda. Dengan mengekspor Anda akan dihadapkan pada wawasan baru, pengalaman baru dan teknik pemasaran yang sama sekali berbeda dengan yang Anda biasa kerjakan di dalam negeri. Jika Anda berhasil di pasar ekspor mau tidak mau keahlian dan kemampuan Anda akan terasah yang pada gilirannya akan memberikan nilai tambah pada kemampuan Anda dalam memasarkan produk di dalam negeri. JAKARTA – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan, peluang pasar ekspor ke Jepang kini kembali terbuka lebar menyusul mulai pulihnya negeri matahari terbit tersebut dari Covid-19.